Installasi GDL4.2

on Thursday, January 7, 2010

Berpijak pada kenyataan bahwa ilmu yg sedikit, bagi orang yang ga tau dan membutuhkan pasti sangat-sangat bermanfaat. So..di sini saya tulis ulang bagaimana install GDL 42, karena berdasar pengalaman dengan panduan petunjuk installasi ada yang harus diperjelas, apalagi bagi yang baru kenalan sama GDL.
1. Untuk installasi kita butuh beberapa system pendukung, yakni Apache, Mysql (versi 4 ke atas)dan PHP (versi 5 ke atas). Untuk kebutuhan itu kita bisa pake paket xampp installer. This case saya pake xampp-win32-1.7.1-installer. Yang bisa diunduh gratis di internet.

2. Install xampp. Sperti kebanyakan install biasa, next 2 aja dah, tentunya sesuai yang direkomendasikan. Biasanya lebih aman.
3. setelah xampp terinstall, kita bisa cek di browser dgn ketikan localhost, see:
4. Simpan direktori GDL42 di root folder yakni di C:\xampp\htdocs\
5 .Pastikan apache, mysql running. Bisa dilihat dengan gampang di xampp control panel.
6. Ketikan di url : localhost/gdl42 untuk memulai halaman installasi. Setelah itu ikuti petunjuknya tahap demi tahap:
1) Memulai installasi dengan klik halaman tampilan awal installasi
2) Cek hak akses
3) Konfigurasi data base :
• Host : isi dengan >> localhost
• Username: isi dengan >> root
• Password: dikosongkan
• Prefiks table: gld ( kenapa gld? Tanya aja pak beni..)
Berdasar pengalaman bila password diisi, dan prefix table bukan gld, konfigurasi table ga muncul. Jadi ngikut wae..lah! Setelah ngikut contoh, tahap berikutnya bisa dilalui.
4) Konfigurasi table , klik aja akan muncul table2 yang dibuat
5) Pengisian data. Form ini untuk administrator. Password jangan dilupakan Ya!!
6) The end proses intallasi. Successpull 

4 komentar:

Anonymous said...

Saya mo tanya Teh
Saya mo instal gdl42 di winxp
- Saya udah install xampp 1.7.3
- Saya udah simpan dir gdl42 ke C:\xampp\htdocs\
tp waktu di browser diketik di url : localhost/gdl42 koq tampilannya blank, dengan status done.
kenapa ya??

Anonymous said...

teh cara mau rubah hak akses file dan folder saat install di xammp gimana teh

Warning: opendir(./files) [function.opendir]: failed to open dir: No error in D:\xampp\htdocs\gdl42\module\install\function.php on line 17

Warning: closedir(): supplied argument is not a valid Directory resource in D:\xampp\htdocs\gdl42\module\install\function.php on line 57

mustafa said...

capek saya cari panduan install..rupanya dapat deh terimakasih ya...salam

Anonymous said...

Nuhun teh...ane lagi bingung nyari2 cara install gdl42. nemu..artikelnya.Ngabantos pisan..!!

Post a Comment

Silahkan komentari dengan santun. NO 4 spam.